Gerak Jalan Sehat di Banda Aceh


, 21 April 2013|00:00:00 |Dibaca : 599 Pembaca
about img

 

 

Minggu, 24 Maret 2013 | 21:00:00 WIB

Sukses !  Itulah komentar Mayjen TNI Zahari Siregar, Pangdam Iskandar Muda Nangro Aceh Darusalam,  ketika diwawancarai wartawan terhadap  kesannya pada acara Jalan Sehat Semen Padang yang dilangsungkan pada Minggu 24 Maret 2013 di  tempat berkumpul,  start dan finish di Lapangan Blang Padang.

Zahari Siregar yang didampingi oleh Kasdam Brigjen TNI Samsidar Susmex beserta jajaran dikesatuannya yang ikut meramaikan acara dalam rangkaian HUT ke-103 tahun pendirian pabrik  Semen Padang  kelihatan akrab dengan Direktur Utama PT Semen Padang Munadi Arifin,  Direktur Pemasaran Benny Wendry, dan Komisaris Shofwan Karim Elha dan Basril Basyar serta staf Semen Padang.  

Pertemuan Panglima Kodam Iskandar Muda tersebut telah dilakukan dengan Dirut dan Dirpem serta Komisaris pada malam Sabtu (23/3-13) di ruang pertemuan Hotel Hermes Palace Banda Aceh.  

“Pertemuan kekeluargaan tersebut terlihat akrab. Panglima mendukung Proyek Packing Plant Semen Padang yang ada di NAD  ini,” sebut Sekretaris Perusahaan, Firdaus.

Dirut, Munadi Arifin dalam sambutannya mengatakan, “Saya secara pribadi tidak menyangka acara seramai ini. Saya trenyuh, melihat sambutan masyarakat Banda Aceh yang  sangat antusias terhadap acara kami ini,” ungkap Munadi.  

Hal ini membuktikan bahwa masyarakat Banda Aceh khususnya dan masyarakat  di Nangro Aceh Darusalam umumnya dekat dengan kami, dekat dengan  Semen Padang. Ini membuktikan bahwa antara Aceh dan Sumatera Barat begitu dekat dan akbar. Mudah-mudahan ke depan hubungan emosial ini semakin baik dan akbar,” harap Munadi Arifin.

Kegiatan Jalan Sehat tersebut diikuti oleh masyarakat umum dan peserta dari unsur Pemda, TNI, Kepolisian, para distributor/toko bangunan, kontraktor/industri beton, pekerja konstruksi (tukang bangunan),  asosiasi konstruksi, LPJK, Gapensi dan Inkindo dengan jarak tempuh sekitar 5 Km. 

Sementara itu Drs. Ramli Rasid Ass. II yang mewakili Walikota Banda Aceh mengharapkan acara ini akan terulang kembali, “saya mengharapkan tahun depan acara ini dapat dilaksanakan kembali oleh Semen Padang,” pintanya. 

Direktur Pemasaran Benny Wendy mengatakan,  Aceh merupakan wilayah pemasaran yang cukup potensial ini memiliki prospek yang baik ke depan, mengingat perbaikan infra struktur Aceh masih berlangsung. “Justru itu kita  melaksanakan 2 rangkaian acara yang cukup  apresiatif untuk masyarakat Banda Aceh khususnya yaitu Pelatihan dan Sertifikasi Tenaga Konstruksi di Hotel Hermes Palace dan acara Jalan Sehat untuk masyarakat Banda Aceh. 

Bertabur Hadiah 

Acara yang start di Lapangan Blang Padang dengan route ke jalan Iskandar Muda, jalan Adam Kamil, Jalan St. Mansyursyah, Simp. Kodim, Masjid Raya Baithur Rahman dan finish di Lapangan Blang Padang itu memang bertabur hadiah.  Puluhan hadiah luky draw dan  hadiah kiusioner langsung dari host membuat semaraknya acara.  

Hadiah utama berupa sepeda motor yang diserahkan oleh Pangdam Iskandar Muda merupakan  penutup acara. 

Aceh Pasar Potensial 

Aceh merupakan daerah pemasaran potensial Semen Padang, selain  Sumatera Utara, Riau Kepulauan, Sumatra Selatan, Bangka Belitung, dan Lampung. 

Di Aceh, volume penjualan Semen Padang pada tahun 2012 mengalami peningkatan 27,73 %  dibandingkan dengan tahun 2011, atau naik dari 280.636  ton pada 2011 menjadi  358.474  ton pada 2012. 

Kenaikan volume penjualan ini juga diiringi dengan peningkatan market share (pangsa pasar) dari 32,87 % pada 2011 menjadi 39,50 %.

Untuk melayani kebutuhan konsumen Aceh dan wilayah sekitarnya, PT Semen Padang memiliki dua packing plant (pabrik pengantongan), yakni di Malahayati dengan kapasitas silo 6.000 ton, dan di Lhokseumawe dengan kapasitas 5.500 ton.

Sebagai pabrik semen pertama di Indonesia yang berdiri 18 Maret 1910, PT Semen Padang merupakan perusahaan yang dikenal berpengalaman, dan mampu memproduksi berbagai jenis produk dengan jaminan kualitas dan mutunya.

Salah satu produk unggulan Semen Padang saat ini adalah Portland Composite Cement (PCC). 

Semen PCC ini memiliki banyak keunggulan, yakni  mempunyai kuat tekan yang setara dengan Semen Tipe 1, PCC dapat juga digunakan untuk konstruksi umum pada berbagai mutu beton seperti, perumahan, bangunan bertingkat, jembatan, jalan raya, landasan pacu pesawat udara, bendungan, bangunan irigasi, pembuatan komponen bahan bangunan, plesteran, acian dan lain-lain 

Semen PCC lebih mudah dalam pengerjaan (workability),  suhu beton (panas hidrasi) lebih rendah sehingga tidak mudah retak,  lebih tahan terhadap serangan sulfat, lebih kedap air, permukaan acian lebih halus,  dan lebih ramah lingkungan (mengurangi gas CO2 ke udara) karena mengurangi energi bahan bakar (batubara) dan bahan baku dengan optimalisasi penggunaan klinker (terak) Keunggulan lain adalah bahwa material tambahan pozzolan yang dipakai di PT Semen Padang adalah yang terbaik di Indonesia. 

Selain PCC, Semen Padang juga memproduksi  Semen Portland Tipe 1 yang unggul dalam hal kekuatan dan daya tahan yang prima. Semen Portland Tipe 1 itu sangat baik digunakan untuk keperluan bangunan umum, seperti perumahan, gedung bertingkat, jembatan, jalan raya, landasan Bandar udara, industri produk bahan bangunan dan lain-lain. Juga ada  Portland Pozzolan (PPC), Semen Portland Tipe II, Semen Portland Tipe V dan Semen Pemboran Oil Well Cement (OWC).

Semua produk PT Semen Padang itu telah memenuhi Standar Nasional Indonesia. (*)

 

 

Link Utama